Monday, June 12, 2017

Efektivitas Shortener URL terhadap blog

ad300
Advertisement
Mau tau efektifnya shortener URL bagi blog Anda? Efektivitas Shortener URL terhadap blog yang dimaksud disini yakni usaha pemendekkan URL bagi promosi terhadap suatu blog sehingga dapat dibaca oleh pengunjung blog. Artinya bila blog yang kita buat dapat menempati posisi teratas dalam google, misalnya rangking 1 - 10 Google, maka peluang untuk pengunjung membaca blog kita tentu sangat tinggi. Bila hal ini tercapai maka shorte URL dapat dikatakan "efektif".
Namun apa yang dimaksud dengan Shortener URL pada artikel ini. Saya berusaha memberi pengertian secara singkat kepada para pengunjung blog yang tentu senang dengan blogging. Jika tidak senang maka pembahasan tentang topik ini tidak terlalu berpengaruh. Baiklah sekarang perhatikan penjelasan berikut ini.


Pengertian Shortener URL Ada ragam pembahasan tentang arti shortener URL. Ragam pembahasan itu sejatinya memberi khasanah bagi upaya memperkaya pengetahuan kita tentang shorten URL atau mempersingkat URL Link website atau blog. Biasanaya shorte URL dilakukan oleh para blogger profesional ataupun blogger paruh waktu seperti saya. Saya juga sering mendapat singkatan URL yang masuk ke email saya maupun sms ke handphone. Beberapa bank juga menggunakan shorte URL dalam mengirim info ke nasabah. Lalu apa pengertian Shortener URL. Silakan ikuti dalam info berikut ini.
“Arti Shorte URL.” Menurut Wikipedia, penyingkatan URL adalah teknik pada www yang membuat suatu laman situs dapat diakses dengan menggunakan suatu URL yang sangat pendek sellain alamat aslinya. Menurut pengertian ini URL adalah cara memperpendek alamat sebuah situs atau alamat laman situs agar mudah diingat.
Misalnya kita punya alamat situs: www.kampungasalsayayangindah.com (ini alamat sekadar contoh, bukan alamat situs sebenarnya). Alamat situs ini cukup panjang. Kita bisa menyingkat alamat situs ini dengan bantuan Shortener URL pada beberapa situs yang menyediakan layanan ini. Situs penyedia penyingkat alamat situs juga bermacam-macam. Ada yang milik google dan non google. Silakan cari di google dengan kata kunci “shortener URL”.
Selain alamat situs atau blog, kita juga bisa mempersingkat alamat URL postingan kita pada artikel yang dipublikasi dalam website atau blog seperti blogspot dan wordpress. Misalnya kita menulis sebuah artikel dengan judul: Melengkapi Ruang Tamu dengan Kursi dan Meja Minimalis Buatan Berbagai Negara di Asia, Amerika dan Eropa. Setelah kita menulis isi artikel dan mempostingnya di website atau blog maka sistem pada website atau blog akan membuat sebuah alamat URL untuk postingan ini. Oleh karena judul ini cukup panjang maka alamat URL juga akan panjang juga. Jadi kalau kita hendak membagi atau share di facebook maupun twitter akan memakan tempat yang sukup besar/panjang. Jadi caranya kita mempersingkat dengan bantuan Shorte URL. Setelah itu kita dapat alamat yang singkat. Alamat inilah yang disebut Shortener URL.
Situs penyedia Shortener URL
Kita dapat memilih beberapa situs yang digunakan untuk mempersingkat URL website atau Blog. Situs-situs itu antara lain:
1. Google Shortener. Goo.gl
2. Shorte.st
3. Shortener Bit.ly
4. Shortener LinkShrink.
5. Shortener Adf.ly
6. URL Shortener Al.ly
7. Shortener Linkshrink.com
6. dll


Fungsi Shortener URL

1. Berdampak positif pada SEO. Menurut salah satu informasi di internet, manfaat dari Shorte URL adalah mendapat umpan balik dari Google. Hal ini tentu mempengaruhi peringkat website atau situs di pencarian Google atau mesin penelusuran google.
2. Memudahkan kita maupun pengunjung website atau blog untuk secara mudah mengingat alamat link. Bila alamat linknya panjang tentu membuat orang lupa atau malas menghafalnya karena terlampau panjang. Dengan kehadiran fassilitas Shorte URL maka kendala tersebut di atasi yaitu mempersingkat alamat link sehingga orang lain mudah mengingatnya. Apalagi kalau situs atau blog berisi pembahasan tentang produk-proudk yang sangat dibutuhkan orang lain.
3. Memberi penghasilan. Ada beberapa situs shortener yang dapat menghasilkan uang bagi kita bila kita menggunakannya untuk mempersingkat link website atau blog. Bagaimana hal ini terjadi. Kita tentu sudah mendaftar menjadi publisher pada situs seperti bit.ly, shorte.st dll. Kemudian kita mempersingkat alamat URL Link kemudian membagikannya di facebook atau twiter. Bila ada yang mengklik untuk mengunjungi website atau blog kita dengan URL yang sudah dipersingkat maka kita mendapat uang. Ya jumlahnya tidak terlalu besar tetapi sedikit demi sedikit tentu menjadi banyak.
4. Dll (bisa ditambahkan berdasarkan pengalaman)

Cara Mempersingkat URL Link

Hal yang harus kita lakukan adalah memasukan link postingan kita pada borang atau kotak yang tersedia dalam situs penyedia shortener seperti Goo.gl; Bit.ly; Shorte.st. Setelah kita memasukan URL link artikel postingan, kita klik tombol Misalnya pada shorte.st. Jelasnya demikian: ketika kita masuk ke dashboard shorte.st, tersedia kolom berwarna hijau tua dengan tulisan: Shorten URL and get paid” dan Shorten (warna orange). Kita masukan alamat link URL postingan di kotak Shorten URL and get paid, kemudian klik SHORTEN (kotak berwarna orange, letaknya disebelah kanan dari kotak Shorten URL and get paid. Setelah itu akan muncul hasilnya. Silakan kopi paste dan bagikan di facebook, twitter maupun di postingan blog. Dengan cara ini kita dapat mempromosikan isi website atau blog yang membahas tentang layanan perjalanan seperti: Layanan Perjalanan ke Tanah Suci "Holyland". Ada banyak travel yang menyediakan jasa layanan untuk perjalanan wisata rohani seperti ke tanah suci. Misalnya orang Kristen mengadakan perjalanan ke tanah Kanaan atau sekarang disebut Yerusalem dan beberapa tempat yang disebutkan dalam Bible.
Usaha lain seperti berkunjung ke negara-negara lain yang kaya dengan pemandangan alam yang mempesona. Seperti ke Thailand, India, Singapur, Jepang, Korea, Filipina dll. Kita juga dapat membuat postingan tentang tiket penerbangan ke berbagai negara seperti ke Hongkong,Malaysia, Filipina, Jepang, penerbangan pesawat Jakarta ke Bruneydarusalam,tiket pesawat ke tokyo, Yokohama Jepang, Jakarta ke Taiwan, Jakarta ke Amerika dll. Setelah kita membuat postingan tentang tiket perjalanan dengan pesawat ke berbabgai negara, lalu kita membuat shortener URL untuk kemudian membagikan dalam facebook dan twitter dan instagram
Setiap artikel kita tentang point-pont di atas bisa dipersingkat dengan cara shortener URL.

Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.